Kamis, 27 Maret 2008

TIGA GOLONGAN MANUSIA


Imam Gazali membagi manusia kepada tiga derajat atau golongan, dilihat dari sudut sikap jiwa mereka menghadapi hidup dan kehidupan di dunia ini




  • Orang-orang yang celaka ( Al-Halikun )

  • Orang-orang yang beruntung ( Al-Faizun )

  • Orang-orang yanghemat cermat (Al-Muqtashidun )

Golongan yang pertama inisenantiasa sibuk dan menyibukkan diri terhadap kenikmatan hidup duniawi, dan melupakan persiapan-persiapan untuk kehidupan akhirat kelak.


Dunia laksana lautan madu Yang kelezatannya selalu dicicipi Meskipun sadar bahwa, kenikmatan dunia ialah sementara dan fana Akan tetapi banyak yang tertambat hatinya


Golomgan yang kedua yaitu orang-orang yang beruntung atau yang dapat kemenangan, Al Faizun menurut istilah Al Quran ialah memperoleh kebaikan dengan hasil yang mengandung keselamatan. Dan dalam Al-Quran lafadz tersebut melukiskan personifikasi orang-orang yang mendapatkan kenikmatan dan keberuntungan di dunia maupun ( terutama ) di akherat kelak. Seperti disebutkan pada Al-Quran Surat At-Taubah : 20.


Selain itu menurut penggolongannya Imam Gazali, Al Faizun itu ialah orang-orang yang lebih sibuk dan menitik beratkan amal, persiapan-persiapannya untuk kepentingan hidup di akherat kelak.


Adapun golongan tersebut adalah orang-orang yang hemat cermat, yang tidak menyia-nyiakan persiapan-persiapan (bekal) untuk kehidupan akherat, tapi juga memanfaatkan seperlunya tentang kehidupan duniawi ini. Menurut formulasi Imam Gazali, Al Muqtashidun adalah orang-orang yang sibuk memanfaatkan kenikmatan dunia ini untuk kepentingan hidup yang akan datang.


Menurut Al-Quran Surat Al-Qoshosh : 77 kita harus memelihara sikap yang seimbang (evenwich) antara kepentinga hidup ukhrowi dengan duniawi. Menjaga keseimbangan ini termasuk salah satu seni hidup yang mendapat bimbingan hidayah dan taufik Ilahi.


4 komentar:

Hadi_Sinclair mengatakan...

ini,, al'acep,,kerennn bgt artikelnya.... tetap semangat ya..

Hadi_Sinclair mengatakan...

keren bgt!!! komentarnya... ini al'acep hilmy,, pa kbr?

Hadi_Sinclair mengatakan...

sumpah hilmy!!! keren ...isi artikelnya...

Hadi_Sinclair mengatakan...

kerennnn.... tetap semangat ya...adik ku...